Aplikasi pencatatan penjualan merupakan sebuah kebutuhan vital para pelaku bisnis saat ini. Pasalnya dengan menggunakan aplikasi ini, ada begitu banyak manfaat yang tentunya akan dapat dirasakan pemilik usaha, pegawai, maupun pembeli. Karena sulitnya melakukan berbagai aktivitas penjualan, maka aplikasi penjualan jelas sangat dibutuhkan.


Keuntungan Gunakan Aplikasi Pencatatan Penjualan
pelanggan membayar sendiri untuk seluruh transaksi pembelian. (Gambar: Dok. Freepik/demanna)


Untuk para pelaku bisnis atau penjual yang saat ini masih melakukan segala pencatatan secara manual, tentunya merasakan beberapa kendala yang kerap terulang. Misalnya, proses transaksi yang memakan waktu lama, catatan penjualan yang berantakan, bahkan membuat laporan keuangan bulanan.


Keuntungan Menggunakan Aplikasi Penjualan


Jika Anda menggunakan aplikasi pencatatan penjualan maka semua masalah dari proses pencatatan secara manual akan teratasi, dan tentunya ada banyak lagi manfaat yang akan sangat terasa. Beberapa diantaranya adalah dari segi kepraktisan, juga efisiensi waktu serta tenaga. Untuk lebih lengkapnya, silahkan simak penjabaran berikut :


1. Mempercepat Proses Transaksi


Jika proses transaksi masih dilakukan secara manual, maka kemungkinan besar antrean akan terjadi. Hal ini tentu sesuatu yang tidak menyenangkan, baik bagi penjual maupun pembeli. Lamanya proses transaksi yang terjadi terkadang juga memengaruhi seseorang untuk mau kembali lagi ke toko Anda atau tidak.


Mempercepat Proses Transaksi
Ilustrasi proses transaksi di kasir. (Gambar: Dok. Freepik/@rido81)


Solusi untuk menangani masalah di atas adalah dengan menggunakan aplikasi pencatatan penjualan. Karena dengan aplikasi ini, Anda akan lebih mudah dalam melakukan catatan pemesanan, juga menghitung bill pelanggan. Dengan ini maka antrean tidak akan terjadi, sehingga Anda bisa melayani lebih banyak pelanggan dalam waktu yang ada.


2. Catatan Penjualan Akan Lebih Akurat


Dengan menggunakan aplikasi canggih ini, Anda akan terasa amat terbantu dalam hal pencatatan penjualan. Karena semua transaksi yang dilakukan akan bisa tercatat secara otomatis, dengan akurat, dan tentunya akan tersimpan dengan rapi di dalam database, sehingga mudah untuk di akses kapanpun.


Aplikasi vs Pencatatan Penjualan Manual


Melakukan catatan secara manual, tentunya akan memakan banyak waktu, memakan tempat, dan risiko kehilangan data yang tinggi. Ini jelas bukan sesuatu yang efisien dalam menjalankan sebuah bisnis, karena itu aplikasi pencatatan penjualan hadir untuk menjawab semua keluhan Anda. Selain itu aplikasi ini juga dilengkapi dengan kalkulator otomatis yang meminimalisir miskomunikasi harga.


3. Analisis Harga Penjualan Dapat Dilakukan Dengan Lebih Mudah


Mesin kasir manual pada umumnya hanya dapat melakukan penghitungan harga pembelian, dan kembalian yang harus diberikan. Namun, aplikasi pencatatan penjualan, akan memungkinkan anda menerima data penjualan secara real time, dan memberikan laporan bisnis yang Anda butuhkan dengan sangat lengkap. Dengan ini Anda akan lebih mudah melakukan kontrol atas performa usaha.


Tidak berhenti sampai disitu, aplikasi penjualan ini juga akan membantu pelaku bisnis untuk melakukan kontrol aktivitas juga kinerja dari para staff, mengontrol stok dari bahan baku dan produk, juga melakukan cek pembayaran serta membuat proyeksi laba yang telah didapatkan. Dengan semua ini, Anda akan terbantu untuk menentukan langkah apa yang harus diambil.


4. Meningkatkan Keuntungan Usaha


Aplikasi pencatatan penjualan akan mampu membantu Anda untuk meningkatkan keuntungan. Bagaimanapun, keuntungan merupakan hal utama yang menjadi tujuan ketika akan mendirikan usaha, dengan bantuan aplikasi ini maka tujuan itu bisa terwujud. Karena aplikasi ini bisa memberikan data akurat mengenai produk paling best seller, juga waktu paling teramai.


Aplikasi Pencatatan Penjualan dari Youtap
Gambar. Dok: Intagram Youtap/@youtap.id


Saat ini, dengan bantuan berbagai macam kemajuan teknologi, segala hal dapat dilakukan dengan lebih mudah, dan lebih efisien. Tidak terkecuali untuk berbagai hal yang berkaitan dengan usaha. Aplikasi pencatatan penjualan yang merupakan fitur dari aplikasi dagang #serbabisa Youtap Indonesia menjadi salah satu contoh alat yang mampu mempermudah urusan penjualan. Nggak percaya? Download aja sekarang dan rasakan kemudahan yang diberikan dalam aplikasi Youtap ini.